Tuesday, June 1, 2010

NEGARA BENTO

dlang..tak..dlang..tak..tak..dlang..gungngngng…

Oooo…eee…aaa…

malam kelam mencekam…bhumi gonjang-ganjing…jawa-dwipa semakin miring…..

Singkat cerita, di suatu negara yang di beri nama negara Bento ... Sang Prabu Bambang Bento (BaB)
terlihat gelisah, sambil berdiri sangat terlihat kalo raut muka sang Prabu sedang dalam kegelisahan yang sangat ..... di belakangnya Mahapati Budi Bento (BuB) mengiringi ... Keduanya cukup lama terdiam dalam hening ... akhirnya Mahapati Budi Bento memecah keheningan ...

BuB : Waaaa ... Gusti Prabu ... ada apa gerangan dari tadi diam membisu ... namun raut wajah paduka terlihat sangatgelisah ...

BaB : Iya ya ya ... bagaimana aku tidak gelisah ... lihatlah kondisi negara akhir akhir ini ... baru saja aku dilantik sebagai Raja dan kamu sebagai Mahapati .... Banyak kejadian - kejadian yang tidak enak ...

Bagaimana aku bisa tenang ... situasi politik terus bergejolak ... mulai para punggawa penegak hukum yang saling berantem sendiri ... sampai - sampai rakyat menyebutnya "Cicak VS Buaya" ...
Yang satu belum selesai muncul lagi persoalan Bang Turi yang disebut sebut gondol kekayaan negara 6,7 T ... bagaimana saya bisa tenang Pati ...

BuB : Betul paduka .... oh .. itu gerangan yang membuat paduka resah ... Hamba juga merasakan hal yang sama dengan paduka Prabu ... apalgi kasus Bang Turi membawa bawa paduka Prabu juga Hamba ...

BaB : Itulah yang membuat saya gelisah dan tak dapat tidur nyenyak ... isu yang beredar di kalangan masyarakat ... konon Dana yang hilang digunakan untuk membiayai naiknya kita sebagai Raja dan Kamu sebagai Mahapati ... hmmmmm .... sedangkan itu kan dulu rekomendasi dari kamu ...

BuB : Mohon maaf gusti ... bagaimana gusti malah menyalahkan hamba ... hamba juga sudah sesuai dg arahan paduka dan pertimbangan dari ahli2 akuntan ....

blang tak tung ... gungggggg ....
tiba 2 Kyai Semar Bento (SB) masuk mengejutkan mereka berdua ....

SB : ei ... ei .. ei ... ada apa paduka ... sepertinya paduka berdua sedang membicarakan persoalan yang sangat serius ....

BaB : Itu loh kakang Semar ... apakah kakang Semar tdk melihat situasi akhir akhir ini ....

SB : Ya tentu saya saya tau paduka .... tapi tunggu dulu paduka .... sebenarnya kita ini sedang memainkan lakon apa dan siapa dalangnya paduka ....

BaB : Sudalah kakang Semar ... perkara lakonnya apa tidak usah di ributkan ... tapi bangaimana solusi untuk mengatasi masalah ini ....

BuB : Kakang Semar benar kata paduka ... kalo tentang dalangnya saya tau Kakang Semar ...
Wahahahaha ... dalangnya .... Dalang Bento .... hahahaha ...

SB : Kalo begitu lebih baik saya pulang saja ... saya tidak mau ikut ikutan ...

BaB : Ei…ei..i..i.., jadi sebenarnya kita dimainkan oleh pribadi dalang yg cukup sulit kita temui pada era sekarang ini. Karena telah mampu mencemarkan nama-baiknya sendiri, berarti mampu mengkritik dan mengkritisi diri sendiri…..

SB : Terus paduka sendiri menginginkan apa sekarang ini ...

BaB : Ya tentu agar negara bento ini bisa cepet keluar dari permasalah ini Kakang Semar .... Kakang Semar kan tau sendiri bagaimana rakyat terus menuntut agar semuanya di ungkap ... apalagi para anggota dewan Bento juga ikut - ikutan ingin menggunakan hak angketnya ....

SB : ei ... ei .. ei ... paduka berdua tidak usah terlalu risau biarkan itu berjalan sebagai mana adanya ...

BaB : Bagaimana aku tidak riasu Kakang ... kalu kemudian mereka menemukan bukti buktinya .... mau di taruh mana muka saya????

SB : hmmmmmm .... gitu aja kok repot paduka ... ada bukti ataupun ga ada bukti tetep aja muka paduka ya di situ situ aja .... memangnya paduka mau di taruh mana mukanya???

BaB : Kakang Semar saya serius kakang ... kok kakang semar malah bercanda ....

SB : Itu gampang Gusti ... bukankan kubu paduka saat ini dominan ... bairkan saja hak angket itu berjalan ... nanti kita gembosin saja paduka ....

BaB : ya ... ya ... ya ... emangnya ban kakang bisa di gembosin .... terus menurut kakang Semar bagaimana???

SB : hehehehe ... paduka kan bisa mengumpulkan para punggawa ... nanti kan semuanya bisa di atur paduka .... paduka tidak usah terlalu cemas ...
Saya kok mendapat krenteg yg kurang nyaman ditambah saat2 malam lewat larut paduka. Sepertinya sdh mendekati saatnya Goro-Goro paduka… Kalau begitu saya harus pamit, utk mempersiapkan segala sesuatunya…..

BuB : Kalo begitu saya juga mohon pamit paduka ....

BaB : silahkan…silahkan… Pati dan kakang Semar ... hati hati di jalan ....

dlang..tak…dlang..tak..tak…dlang…

nung.nong.nang.ning.nengngngng…

No comments:

Post a Comment

untuk koment silakan bebas yang penting tidak mengandung SARA