Thursday, May 4, 2017

SPG-1A V1 Kal. 40 mm PINDAD

SPG-1A V1
SPG singkatan dari Senjata Peluncur Granat. SPG-1A V1 tidak dapat digunakan sendiri/ mandiri, dalam penggunaannya SPG ini harus dipasang ke senapan serbu SS-1 V1. Dalam pemasangan ke SS-1 sangat mudah bahkan dalam hitungan detik senjata siap digunakan. Tujuan dibuat SPG adalah untuk memberikan tambahan daya tempur, senjata ini memmang dikhususkan untuk regu infanteri. Rancangan SPG -1A cukup ringan agar mudah dalam pembawaan dan tidak merepotkan pasukan infanteri. Sebagai senjata bantuan perorangan SPG-1A hanya seberat 1,6 kg, hal ini jika dicustom ke SS-1 beratnya hanya sekitar 6,02 kg … masih cukup ideal dan tidak merepotkan.

Rumah mekanik dan laras SPG-1 terbuat dari alumunium paduan berkekuatan tinggi dengan proses pengerasan, sehingga tetap ringan tetapi kuat. Mekanisme, pengokangan otomatis lengkap terdiri dari barrel latch, picu dan batang pengaman ada pada receiver menjadikan SPG sebagai senjata independen meskipun terpasang pada senapan. Laras dapat digeserkan ke depan saat pengisian munisi, dan saat digeser kembali ke belakang akan mengunci otomatis pada posisi tertutup, siap untuk ditembakkan. Setelah penembakan laras tinggal digeser ke depan kembali untuk mengeluarkan selongsong granat yang telah ditembakan. SPG dapat menembakan berbagai macam granat caliber 40mm, antara lain ; granat asap, granat cahaya, granat gas air mata, dan granat anti personel (HEAP).
 
SS-1 V1 custom SPG-1A V1
Dalam pengcustoman ke dalam senapan SS-1 V1 sangat mudah, hanya dengan membuka lade/ pelindung laras dan menggantinya dengan pelindung bawaan SPG tersebut. Setelah lade dibuka kemudian pena pengunci rumah mekanik SS-1 yang bagian depan tinggal diganti dengan pena pengunci bawaan SPG tersebut, pelontar granat pun siap untuk digunakan. Pena pengunci rumah mekanik SS-1 harus diganti karena jika tidak diganti pena bawaan SS-1 tidak bisa mengunci SS-1 dan SPG sekaligus karena pena SS-1 kurang panjang.
 
SS-1 V1 dengan SPG 1A V1

Karekteristik SPG-1A V1

Panjang total    : 394 mm
Panjang laras   : 305 mm
Type laras        : Laras licin
Berat                : 1,6 kg
Kaliber             : 40 mm
Jarak max        : 350 m
Jarak min         : 50 m
Tembakan        : single

No comments:

Post a Comment

untuk koment silakan bebas yang penting tidak mengandung SARA