Saturday, May 20, 2017

Manfaat Minyak Zaitun untuk Pengobatan Diabetes

Olive Oil
Minyak zaitun telah digunakan di berbagai negara di sekitar laut mediterania selama ribuan tahun. Minyak ini didapatkan dengan cara menggiling biji zaitun dengan penggiling, sehingga keluar minyaknya. Minyak Zaitun kaya akan MUFA (Mono Unsaturated Fatty Acid)/ asam lemak tak jenuh tunggal, dan terutama asam oleat. Asam lemak tak jenuh tunggal diketahui dapat membantu untuk menurunkan resiko penyakit yang terkait dengan masalah cardiovascular, seperti penyakit jantung misalnya. Selain itu, minyak zaitun juga dapat membantu untuk menormalkan kadar gula darah. Kemampuan untuk menormalkan kadar gula darah adalah salah satu hal yang sangat penting bagi mereka yang menderita penyakit diabetes,hal ini dikarenakan orang yang menderita diabetes akan kesulitan untuk menurunkan kadar gula darahnya dikarenakan kekurangan hormon insulin, atau pun tubuhnya tidak mampu untuk memproses insulin yang dihasilkan. 

Olive oil/ minyak zaitun
Minyak zaitun adalah sebuah minyak yang kaya akan asam oleat, asam palmeat, flavanoid dan juga anti oksidan seperti vitamin E, karotenoid dan juga oleuropein. Oleuropein inilah yang akan membantu untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan juga menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL). Extra Virgin Olive Oil (Minyak Zaitun Perasan Pertama), yang merupakan jenis minyak zaitun terbaik, mengandung lebih banyak asam oleat dan berbagai nutrien lainnya dibandingkan dengan jenis minyak zaitun yang lainnya. Extra Virgin Olive Oil juga mengandung lebih banyak polifenol yang dapat membantu untuk menjaga kadarglukosa di dalam darah.

Efek minyak zaitun pada kadar glukosa
Minyak Zaitun membantu untuk menstabilkan kadar glukosa di dalam darah dengan cara memperlambat proses pencernaad di dalam perut, yang membantu supaya glukosa terdistribusi dengan lebih merata di dalam darah. Berbagai studi klinis telah menyimpulkan bahwa minyak zaitun dapat membantu menurunkan kadar gula darah sampai ke tahap di mana penderita tidak memerlukan suntikan insulin kembali. Dengan demikian minyak zaitun merupakan salah satu makanan suplemen / obat herbal yang dapat dipakai untuk penyembuhan diabetes.

Bagi penderita diabetes coba mengkonsumsi minyak zaitun sebagai berikut :

Dua sendok makan sebelum tidur,
Dan dua sendok makan setelah bangun tidur.

Setiap tubuh manusia ber-beda beda dalam merespon minyak zaitun, ada yang langsung menurun (gula darahnya) 100 mg pada hari pertama, namun ada pula yang menurun setelah 3 hari. Selain kadar gula menurunun minyak zaitun juga membantu penyembuhan pankreas. Penderita diabetes biasanya merasa panas ataupun dingin di telapak kaki ketika malam hari, atau sering buang air kecil. Minyak zaitun bersifat herbal sehingga tidak ada efek samping yang ditimbulkan.

No comments:

Post a Comment

untuk koment silakan bebas yang penting tidak mengandung SARA