Monday, June 7, 2010

POLIGAMI

Judul : Poligami dimata saya ...
Penulis : Rindu

Poligami sebuah kata yang tak asing lagi dan selalu menjadi bahan perdebatan yang tak ada ujungnya. Tapi apa sebenarnya poligami itu sendiri sih??? iya, tentang poligami, yang saya bisa pahami dan yakini adalah bahwa semua yang ada didalam AlQuran adalah BENAR adanya, dan sebagai hamba saya tidak sepatutnya mempertanyakan mengapa ALLAH menurunkan ini yang menurut sebagian perempuan sesuatu yang menyakitkan dan menurut sebagian lagi sebagai ladang ibadah, pasti setiap yang tertulis didalam AlQur’an memiliki maksud yang baik, itu yang ada dibenak saya, karena tak ada yang buruk didalam ayat ayat itu, jadi saya tidak mungkin memilih hanya ayat ayat yang enak enak saja yang saya ambil kan? kemudian meninggalkan ayat ayat yang gak enak, pilih pilih gitu, gak deh.


Begini ceritanya, di pengajian minggu di Al Azhar kemarin ALLAH mempertemukan saya dengan seorang perempuan yang baru saja mengikhlaskan suaminya menikah lagi, iya, perempuan yang masih sangat muda, berwajah ayu dan manis ini begitu ringannya menjalakan hidup “suami kita kan bukan milik kita De, dia adalah milik ALLAH jadi kalau ALLAH berkehendak memberikannya kepada perempuan lain masa saya berani bilang tidak, bukan hak saya untuk menghalangi suami saya bahagia Ade, cinta adalah ketika kita bahagia melihat orang yang kita cintai bahagia De, iya kan?” jujur, speechless saya mendengar ucapannya sementara diluar sana bergerombol perempuan sampe demo demo sekedar mengumbar keegoisannya untuk menolak hukum ALLAH dengan spanduk “hari gini mau dimadu?” waduh bahkan ada yang ekstrim adalah mereka menyebut poligami sebagai “pemuas nafsu belaka” gampang yah menuduh emang.

Kemudian saya mulai berpikir, kira kira poligami dimata saya itu apa yah? mengambil kata kata ahmad dani “munafik kalo laki laki gak mau poligami” hahaha… artinya mungkin ada satu bagian dari laki laki yang gak cukup dipenuhi oleh satu perempuan [saya juga gak tahu nih bagian yang mana?] *mendadak lugu ya De?* ah hati nurani saya nimbrung lagi, lihatlah berapa banyak kerusakan dimuka bumi ini karena sang istri melarang suaminya menikah lagi, padahal dengan menikah semuanya akan menjadi suci dan sang istri mendapatkan pahala karena menyelematkan sang suami dari hal hal yang tidak benar. Jadi poligami dimata saya pertama adalah sebagai JALAN KELUAR dari kemaksiatan, ini menurut saya loh.

Kemudian apa lagi yah kira kira poligami itu dimata saya? kata teh Nini [istri Aa Gym] poligami adalah ladang ibadah, artinya disanalah kita akan memperoleh pahala ikhas, pahala sabar, pahala ibadah tertinggi tentunya, karena sabar itu bayarannya adalah syurga tertinggi. Mari berpikir ulang ketika ALLAH saja menyetujui poligami dan Rasul menjalankannya kira kira kalau saya menentang itu semua termasuk menentang yang menurunkan AlQuran gak saya? ketika saya mati matian panas panas ikut demo anti poligami maka ketika itu saya tanyakan kepada hati nurani saya mungkin jawabannya akan begini “repot banget sih De, ikut demo untuk menentang Rasul, gak dapet pahala loh De” nauzubillahimindzalik.

Jadi poligami dimata saya sebenarnya bukan sesuatu yang buruk, bukan sesuatu yang harus mati matian ditentang, jadi jika tidak setuju sebaiknya diam saja kan kita belum tentu lebih baik dari mereka yang kita hujat karena poligami kan?

Terlalu sombong rasanya kalau saya ikut ikutan say NO to POLIGAMI, sementara saya mengaku beragama islam dan mengaku sebagai pengikut Rasul hukum ALLAH tidak ada yang salah bukan?

Sungguh, bicara poligami tak akan pernah ada ujungnya, dimata saya poligami adalah sesuatu yang ada didalam AlQuran, dan semua yang ada disana tidak pernah ada yang salah, mungkin sekarang saya belum cukup mengerti, tapi suatu hari mungkin saya akan mengerti lebih dalam lagi, melihat begitu banyak kerusakan yang terjadi dibumi ALLAH hanya karena perempuan mengikuti egoismenya, terngiang di telinga saya ucapan perempuan di masjid tadi “Suami kita milih ALLAH De, hanya dititipkan kepada kita, ketika ALLAH berkehendak mengambilnya, ridholah” iya, bukankah ketika kita ridho dengan keputusan ALLAH maka ALLAH akan rhidho dengan kita, ketika ALLAH ridho maka curahan kasih sayang adalah balasannya.

Jadi poligami itu apa De? apa yah … *bingung lagi* semakin dipertanyakan akan semakin melebar jawabannya bukan? jadi jangan perdebatkan ayat ayat ALLAH, ilmu kita tak akan sampai kesana sekali lagi saya tak mampu membuat kesimpulan dari tulisan saya kali ini, jadi biarlah mengalir seperti air.
Tulisan diatas bagi saya sebagai pengingat, terlepas dari pro dan kontra tentang poligami .... menurut saya tidak ada yang salah dengan poligami (bukan krn saya laki2) karena poligami sendiri ada dasar hukumnya di dalam Al quran.Poligami merupakan ajaran/ syariat ... namun tidak semua ajaran harus dilaksanakan .... seperti poligami contohnya ... boleh melaksanakan itu namun dengan kriteria/ syarat2 tertentu yang tentunya ada aturannya juga, itu menurut saya loh ...

Kalo menurut anda bagaimana??

No comments:

Post a Comment

untuk koment silakan bebas yang penting tidak mengandung SARA