Friday, December 17, 2010

Tak Mau Disuap

   Suatu hari setelah memenangkan tender proyek seorang pengusaha (P) mendatangi instansi tempat pengadaan proyek dan bermaksud memberikan hadiah kepada kepala instansi (KI) tersebut. Sang pengusaha pun datang ke kantor tersebut sambil membawa mobil mercy lengkap dengan surat-suratnya untuk di serahkan kepada pejabat instansi tersebut.


 P   : Pak karena saya memenagkan tender, ini ada tanda terima kasih, kami akan memberi bapak Mercy S320.

KI : Tidak usah pak, saya tidak biasa menerima pemberian seperti itu.

P   : Tidak apa-apa pak ini hanya sekedar ucapan terima kasih kami saja, kami iklas.

KI : Anda mau menyuap atau menjebak saya? Saya tidak pernah terima hadiah dari rekanan.

P   : Ini bukan suap ataupun jebakan pak, tapi hanya bentuk persahabatan di antara kita.

KI : Saya tetep tidak mau menerima hadiah ataupun pemberian bapak karena nanti saya bisa dianggap terima  suap dan di tangkap KPK.

P   : Sambil terus berpikir bagaimana caranya agar pejabat tersebut mau menerima pemberian. Akhirnya dia pun menemukan cara dan berkata "Kalau begitu, bapak beli saja mobilnya berarti tidak gratis. Nanti saya diskon" ujar sang pengusaha.

KI : Ah bapak ini bisa saja atau bapak bercanda? Saya kan tidak punya uang sebesar itu untuk beli mobil.

P   : Bapak tidak usah kawatir, saya yakin bapak mampu membayarnya, bapak tidak usah mahal-mahal membayarnya saya kasih diskon special jadi bapak cukup membayar Rp. 250.000,- saja. Bagaimana pak?

KI : Sambil pegang kepala tanda berpikir pejabat tersebutpun kembali menegaskan. " Oke, tapi ini bukan suap ya? pakai kuitansi"

P   : Tenang saja pak ini bukan suap tapi memang bapak beli, nanti saya buatkan kuitansinya.

KI : Oke kalo begitu. Kemudian pejabat tersebut menguluarkan satu bendel uang ratusan ribu senilai Rp. 1.000.000,- dan diberikan kepada pengusaha tersebut.

P   : Ini pak kembaliannya, sambil mengembalikan sisa uang pembayaran Rp. 750.000,-.

KI : Tidak usah pake kembalian pak, tolong bapak kirim tiga mobil lagi ke rumah saya.

P   : #@$#@$#@$#$^#%^$#????? sambil melongo kayak kebo bego ...

No comments:

Post a Comment

untuk koment silakan bebas yang penting tidak mengandung SARA