Thursday, August 12, 2010

DUNIA

 Oleh : Groho Treeatmodjo

Pada hakeketnya, perjalanan roda kehidupan yg telah berjalan, teramatlah penting jika di kuak sebagai pelajaran pada masa yang akan datang. 
Tak ada salahnya untuk direnungi kembali apa yang menyebabkan kehancuran diri juga goncangan antar goncangan yg tak kunjung reda.
Kita juga harus konsisten dengan posisi ruhani kita, tanpa harus terpengaruh oleh hiruk pikuk duniawi yg senantiasa berubah. 
Apa yg kita alami dalam dalam kehidupan di dunia, adalah posisi terbaik yang diberikan Tuhan kepada kita, baik suka maupun duka. Yang perlu selalu diingat bahwa keadaan yang kita alami hanyalah perasaan kita saja supaya kita belajar dari semua itu.
Janganlah kita merasa asing dengan munculnya keruwetan keruwetan yg mengeruhkan kehidupan kita selama kita masih hidup di dunia. Sebab memang demikian watak dan sifat dunia itu.

Sifat sifat dunia antara lain:
  • Dunia selalu disifati dg sifat sifat kehinaan
  • sifat sifat kesementaraan
  • sifat cobaan dan ujian
  • Dunia penuh tipu daya dan penyesalan
  • Dunia adalah rumah fana yg tak abadi
  • Dunia adalah penuh masalah
Tapi kita menghadapi fakta semua itu, bahwa kita hidup didunia.
Maka dengan menyadari fakta itu,kita bisa memiliki rasa pasrah kepada Tuhan, sementara pikiran kita dan fisik kita berada dalam alam ikhtiar (usaha). Hikmah yang tersembunyi adalah agar kita tidak mengembalikan problema kita pada dunia. Sebaliknya kita harus kembalikan problema kita pada Tuhan.

Bagaimana kita bisa menyelesaikan problem dg orientasi duniawi, bila duniawi adalah sumber sari segala problema.

No comments:

Post a Comment

untuk koment silakan bebas yang penting tidak mengandung SARA