Friday, July 21, 2017

Menggungkap Misteri KM 97 Tol Cipularang

Jalan tol Cipularang yang dibuka sejak tahun 2005 mempunyai cerita mistis yang cukup terkenal baik oleh penduduk sekitar maupun pengguna jalan yang pernah melintasi tol Cipularang ini pasti kurang lebih tahu kalau tol ini dikenal sebagai salah satu jalan paling angker di Indonesia. Ada banyak kisah mistis yang terjadi di jalan ini, misalnya kehadiran mobil gaib yang mengganggu pengguna jalan dengan mengedipkan lampu dim berulang-ulang namun setelah itu hilang tanpa jejak. Ada juga yang bisa melihat penampakan dari kaca spion mobil yang cukup bikin bulu tangan bergidik.

Konon, titik paling bahaya jalanan ini adalah KM 97 yang juga sering disebut sebagai jalur tengkorak. Kontur jalan di KM 97 adalah turunan dan tikungan yang menukik tajam apabila pengemudi jalan dari Jakarta. Salah satu berita kecelakaan yang cukup diketahui banyak orang mungkin kecelakaan yang dialami oleh pedangdut Saiful Jamil. Mobilnya menabrak dinding pembatas jalan dan terbalik, mengakibatkan istrinya Virginia Anggraini meninggal dunia pada 2011 lalu.

Warga lokal menganggap kisah mistis yang sering terjadi di tol Cipularang ini erat hubungannya dengan kehidupan gaib di Gunung Hejo yang berada di kabupaten Purwakarta. Menurut cerita lokal, Gunung Hejo sempat ingin dihancurkan untuk memperpendek jalan tol, tapi usaha tersebut tidak berhasil sehingga akhirnya jalan tol dibuat melingkar gunung ini. Masih menurut cerita warga lokal bahwa kalo pengguna jalan tol Cipularang ingin buang air kecil usahakan jangan berhenti di area KM 97 ini, konon kalo ada penumpang yang turun dari mobil dan buang air besar usahakan masih kelihatan oleh orang yang ada di dalam mobil. Beberapa kejadian menurut cerita warga sekitar orang yang buang air hilang dari pandangan beberapa saat kemudian muncul sosok yang sama kembali ke mobil padahal orang yang turun sebenarnya belum kembali. Merasa orang yang turun sudah kembali maka mereka kembali melanjutkan perjalanan. Pada awalnya semua nampak seperti biasa saja namun setelah beberapa hari biasanya sosok yang menyerupai orang yang turun tadi menunjukan tingkah laku yang aneh. Cerita itu santer di kalangan warga dengan ditemukannya orang yang mengaku ditinggal oleh keluarga atau temannya sewaktu dia turun untuk buang air kecil.

Namun, para ahli tata ruang punya pendapat logis tentang kecelakaan yang sering terjadi di KM 97. Menurut mereka, kontur jalan yang menukik dan menikung tajam membuat mobil hilang keseimbangan. Selain itu, tiupan angin yang berembus di titik terendah KM 97 juga membuat mobil sulit dikendalikan. Sekarang terserah Anda, mau percaya versi mistis atau versi logis. Yang jelas, pastikan dalam kondisi segar bugar saat akan berkendara jauh untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

No comments:

Post a Comment

untuk koment silakan bebas yang penting tidak mengandung SARA