Monday, February 1, 2010

Hilang ....


"Berkata yang baik adalah ibadah, senyum adalah ibadah, jadi berpikirlah tentang semua kebaikan yang dapat membuat manfaat, jangan jadi manusia yang sia sia, hilang setelah meninggal tanpa dikenang"

      Mungkin selama ini kita tak pernah terpikir "untuk apa kita hidup", seaindainya pertanyaan itu diberikan pada beberapa orang mungkin jawabannya akan berbeda beda satu sama yang lainnya. Kemarin saya ngobrol ringan dengan seorang Kyai, dari obrolan itu beliau menanyakan pada saya "Sebenarnya apa sih tujuan kita hidup?"  dan saya pun menjawab sekenanya saya "untuk menyebarkan kebaikan"  kemudian sambil tersenyum Kyai tersebut menjawab pertanyaan yang tadi "saya, kita semua dilahirkan untuk menjadi wakil ALLAH dimuka bumi ini, menjadi kepanjangan kaki dan tangan ALLAH untuk menyebarkan kebaikan, memberika cinta pada bumi, menjauhi larangan-NYA dan menjalankan perintah-NYA"

      Dalam hati saya berkata "kalo begitu saya juga ngerti, tapi bagaimana caranya agar menjadi tangan ALLAH?" seperti mengerti apa yang saya ucapkan dalam hati kemudian beliau melanjutkan kata katanya.

"Caranya yaitu dengan menyampaikan kebaikan meski satu kata atau satu perbuatan, manusia adalah mahluk berakal yang setiap hari akan muncul ide ide baru, carilah ide untuk berbuat kebaikan, menyingkirkan paku dari jalan adalah kebaikan/ ibadah, memberikan 5000 rupiah ke kotak amal musolah/ masjid adalah kebaikan/ ibadah, menjumpai bacaan "mohon doa restu, disini sedang dibangun masjid" kemudian kita lemparkan uang 1000 rupiah adalah kebaikan/ ibadah, memberikan tempat duduk kepada seorang ibu ketika dalam angkutan umum adalah kebaikan, jadi kebaikan itu berserakan dimana saja, ladang ibadah itu ada dimana mana ...

Berkata kata yang baik adalah ibadah, senyum adalah ibadah, jadi berpikirlah tentang semua kebaikan yang dapat membuat manfaat, jangan jadi manusia yang sia sia, hilang setelah meninggal tanpa dikenang"

       Kemudian saya berpikir ... "kalo begitu banyak hal kebaikan yang dapat kita perbuat, begitu banyak ladang ibadah berserakan dimana mana, namun mengapa untuk berbuat kebaikan, hati saya sepertinya berat sekali tapi untuk berbuat sesuatu yang tak ada manfaatnya begitu mudahnya dan seolah olah begitu banyak jalannya."

       Dan Kyai tersebut kembali berucap seperti memahami apa yang saya pikirkan ..." memang biarpun ladang ibadah, berbuat kebaikan itu bagitu banyak dan berserakan dimana mana namun untuk melakukannya perbuatan itu tidaklah mudah, hati kita terasa begitu berat karena hati kita tidak pernah benar benar ingin melakukannya, coba sekarang kita bandingkan ... ketika kita nonton film yang kita sukai begitu mudahnya kita menghabiskan waktu berjam jam tapi untuk meluangkan waktu 5 menit saja menolong orang lain begitu beratnya. Jadi untuk dapat berbuat kebaikan itu kita harus membiasakan hati kita menyukai kebaikan kebaikan tadi"

       Lalu kembali terlintas dalam pikiran saya, jadi jika hari ini saya tidak melakukan kebaikan sekecil apapun maka hari ini akan hilang sia sia dari hidup saya, lalu sebagai manusia yang tempatnya lupa, saya kadang tidak perduli dengan apa yang terjadi hari ini, yang penting ini beres itu beres, tapi saya lupa menanyakan kepada diri saya sendiri "sudahkah saya berbuat 1 kebaikan hari ini, agar hari ini tidak hilang sia sia" jika kalimat ini saya tanyakan setiap hari, maka semestinya kalimat ini masuk kedalam "list things to do" iya kan?? coba liat lagi, di list itu ada kata kata itu gak?? kalau belum ada, mari masukan agar kita tidak lupa dan catat mau melakukan kebaikan apa hari ini.

"Jika Tidak Berarti Kita Membiarkan Hari Ini Hilang Sia Sia"

     Mulai saat ini saya mengajak diri saya untuk melakukan kebaikan kebaikan walaupun sekecil apapun ... lakukanlah kebaikan walau hanya seujung kuku ataupun sebesar debu ... mungkin saat ini kebaikan yang kita lakukan tak mempunyai arti apa apa namun saya percaya perbuatan baik itu tidak akan pernah sia sia, dan kebaikan itu akan bermanfaat bagi diri saya sendiri syukur syukur bagi orang lain. Dan yang pasti setiap perbuatan akan memperoleh balasannya, berbuat baik maka baik pula balasannya, berbuat jahat maka keburukan balasannya, sebarkanlah kebaikan kebaikan dimuka bumi ini agar hidup kita mejadi kepanjangan tangan dan kaki ALLAH, maka hidup saya tak akan hilang sia sia .... amin ya nurul qolbu.

No comments:

Post a Comment

untuk koment silakan bebas yang penting tidak mengandung SARA