Tuesday, February 16, 2010

Kepastian Dalam Ketidakpastian

     "Bahwa hidup akan selalu berubah dan penuh dengan suatu ketidakpastian, sesuatu yang pasti dalam hidup hanyalah sebuah ketidakpastian"

        Apakah anda bisa meramalkan sebuah perubahan yang terjadi, apakah anda bisa tahu apa yang akan terjadi esok hari kepada anda??? jawabnya adalah tidak, hal ini saya dapat ketika menjenguk seorang sahabat karib saya beberapa waktu lalu, beliau awalnya dalam keadaan sehat walafiat dan sebelum beliau di vonis memiliki tumor di tubuhnya, perubahan terjadi dari badan yang semula sehat dan dapat beraktifitas menjadi lemah akibat penyakit tersebut, menjadi lemah dan tidak berdaya sungguh membuat hati berfikir, bahwa hidup akan selalu berubah dan penuh dengan suatu ketidakpastian, sesuatu yang pasti dalam hidup hanyalah sebuah ketidakpastian.
      Sesuatu yang pasti adalah ketidakpastian. Tidak ada sesuatu pun yang pasti selain ketidakpastian itu. Lebih menarik lagi bila kita sdikit mengkaitkannya dengan kehidupan sehari-hari, misalnya : Sesuatu yang pasti akan hari esok adalah bahwa hari esok itu tidak pasti. Dengan ketidakpastian ini kita menjadi ingin menyiapkan diri menghadapinya, karena manusia hidup dari ketidakpastian. Jika segalanya sudah pasti maka kemanusiaan hilang artinya.

     Menurut ahli motivasi Maslow kebutuhan dasar manusia salah satunya adalah keinginan untuk mendapatkan hal-hal yang pasti. Hal yang pasti (kepastian) merupakan sesuatu yang menjadi kebutuhan utama manusia dalam kehidupan. Dengan mempunyai keinginan tersebut sebetulnya kita berhadapan dengan sebuah ketidakpastian karena kehidupan kita sehari-hari sendiri sudah penuh dengan ketidakpastian. Setiap kali bangun pagi kita sudah menghadapi dunia yang penuh ketidakpastian. Kita memang sudah membuat berbagai perencanaan, tetapi bisakah kita memastikan bahwa apa yang sudah terencana tersebut pasti 100% terlaksana sesuai dengan rencana yang sudah kita buat??.

     Bisahkah kita berhenti untuk khawatir menghadapi sebuah ketidakpastian? Mengkhawatirkan untuk berhenti khawatir sudah menambah kekhawatiran diri sendiri. Apa yang membuat manusia khawatir dalam hidup ini? tidak bisa hidup? Karena tidak ada makanan dan pakaian maka tidak bisa hidup? itu kekhawatiran dari beberapa persen penduduk dunia ini yang sedang hidup dalam kelaparan. Tapi, apa yang menjadi kekhawatiran dari orang-orang yang tidak kelaparan? Tidak ada jaminan masa depan? Tidak ada jaminan untuk tetap mempertahankan segala kesenangan dan kenikmatan? Bukankah memang semuanya itu tidak bisa dipertahankan dan suatu saat pasti hilang?! Semuanya hanya tinggal menunggu waktu untuk menghadapai semuanya, karena semuanya hanya sementara dan terakhir kita harus mati dan meninggalkan semuanya. Kalau memang sudah pasti untuk kehilangan semuanya, mengapa harus khawatir dan merasa tidak pasti? Mengapa bukan mempersiapkan diri untuk kehilangan sesuatu dan menghadapi saat seperti itu? Bukankah itu lebih realistis?

      "Memang hidup ini tidak pasti, siapa yang bisa memastikan kehidupan ini?"

      Ketidak pastian sepertinya memang tidak pernah dapat diduga, tak terkirakan, dan kalau sudah begini, memang percaya tidak percaya, apa saja bisa berubah diluar bayangan sebelumnya. Kehidupan itu bisa berubah pada waktu yang kita tidak pernah tahu kapan, karena manusia tidak dapat memahami bagian-bagian temporal dalam hidupnya secara keseluruhan. Dari apa yang terjadi hari ini kita tidak bisa memahami kehidupan kita di kemudian hari, jangankan kemudian hari untuk satu detik atau beberapa menit kedepan saja kita tidak mampu untuk memastikannya. Tapi jangan khawatir dengan ketidakpastian karena dalam ketidakpastian ku temukan harapan, dalam ketidak aturan ku temukan cinta, dalam ketidak jelasan ku temukan cahaya. Berharap ada banyak pertanyaan agar ada banyak tantangan untuk tumbuh dan berkembang! Memang mungkin inilah yang Tuhan kehendaki, bahwa dalam kehidupan manusia harus berjuang dalam ketidakpastian untuk mendapatkan kepastian. Mengapa? Karena dalam ketidakpastian itulah manusia barusaha dan terus berusaha untuk mendapatkan perubahan-perubahan, dan dalam perubahan itulah terdapat kepastian.

     Memang, hidup ini tidak pasti. Siapa yang bisa memastikan kehidupan ini? Tidak ada yang bisa memastikannya. hidup ini terus mengalami perubahan dan jika kita tidak bisa menerima perubahan itu, kita menjadi stres luar biasa. Pada umunya kita tidak mau adanya perubahan dan ingin segala sesuatunya tetap. Sikap seperti inilah yang membuat kita cemas, bingung, khawatir, dan ragu menghadapi hidup. Padahal dengan adanya perubahan kehidupan ini akan menjadi lebih indah, manun terkadang kita hanya mau berubah menjadi yang enak-enak saja namun yang kita anggap tidak enak kita enggan. Bukankan sudah menjadi suatu kepastian bahwa hidup harus berpasang-pasangan, semuanya akan terus berubah dan saling bergantian. Sikap batin yang posistif sangat berguna bagi kita untuk menghadapi ketidapastian hidup. Diperlukan kekuatan yang benar-benar mengarahkan kita kepada perjuangan hidup dan membutuhkan waktu yang lama. Perjuangan kita belum usai sebelum kita mencapai pencerahan. Namun, yang terpenting bagi diri ita adalah membiasakan membangun mental untuk menghadapi hidup ini. Karena ketidakpastian akan menumbuhkan sebuah harapan yang akan membawa sebuah kepastian dalam hidup manusia. Ketidakpastian adalah salah satu tantangan untuk mencari Kepastian hidup. Dalam mengarungi hidup ini diperlukan ketangguahan, kesabaran, dan sebuah harapan untuk membuat kepastian dalam ketidakpastian hidup ...

No comments:

Post a Comment

untuk koment silakan bebas yang penting tidak mengandung SARA