Wednesday, April 26, 2017

Jilbab dan Prestasi

Berjilbab atau berhijab bagi wanita muslim merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan. Namun begitu masih banyak wanita muslim yang enggan mengenakan jilbab dengan berbagai macam alasan. Padahal dalam hal berpakaian islam telah mengatur sedemikian rupa termasuk kaum hawa. Mengapa islam mengatur agar wanita mengenakan jilbab atau hijab? Hal itu semata-mata untuk menjaga wanita itu sendiri. Allah ta’ala berfirman :
“Hai anak Adam, Sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian utk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan.dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, Mudah-mudahan mereka selalu ingat.” (QS. Al-A’raaf: 26)

Banyak kaum wanita masih enggan mengenakan jilbab atau hijab dengan berbagai alasan, alasan yang sering didengar antara lain; saya belum siap menggunakan jilbab, nanti kalo saya berjilbab saya menjadi susah mendapatkan pekerjaan, kalo saya berjilbab nanti tidak terlihat cantik lagi, dan masih banyak alasan-alasan yang lainnya. Pertanyaannya benarkah kalo berjilbab kemudian menjadi susah mendapatkan pekerjaan? Sulit bergaul? Mengenai mendapatkan pekerjaan atau berprestasi banyak kok wanita yang berjilbab mendapatkan pekerjaan yang bagus dan berpenghasilan besar, bukankah Allah yang memberikan rejeki? Kalo kamu yakin bahwa rejeki datangnya dari Allah kenapa mesti takut tidak mendapatkan pekerjaan? Begitupun dalam pergaulan, berjilbab atau tidak menurut ku tidak berpengaruh dalam pergaulan, justru berjilbab menjaga dari pergaulan. Dalam bersosialisasi yang terpenting bagaimana anda bersikap, kalo sikap anda baik, sopan dan menghargai teman mau berjilbab maupun tidak menurut ku tidak ada pengaruhnya, walaupunh berjilbab tetap disukai dan banyak teman.

Berikut ini beberapa wanita yang tetap mengenakan jilbab namun tetap berprestasi, mestipun awalnya begitu banyak rintangan, cibiran bahkan sampai dengan intimidasi namun mereka tetap mengenakan jilbabnya.

1. Lia Karina Mansur
    Lia Karina Mansur merupakan TaekwondoPerempuan Indonesia yang sangat berprestasi. Meskipun berhijab Lia begitu panggilan akrabnya tetap mempunyai prestasi yang membanggakan dalam taekwondo, Lia tetap giat berlatih sehingga dia merupakan salah satu taekwondo Indonesia yang berprestasi. Beberapa prestasi yang pernah Lia dapatkan;  peraih medali perak pada SEA Games 2011 di Palembang. Pada PON Riau 2012, Lia sukses memenuhi target meraih emas di nomor kyorugi di kelas -67 kg. Lia menyabet gelar juara dalam event bergengsi "Bali Open International Taekwondo Tournament" di tahun 2015.

2.  Raisa Hamidah
     Raisa merupakan atlet basket Indonesia yang mengenakan jilbab. Walau Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) masih melarang penggunaan hijab,  namun di Indonesia ada atlet basket profesional yang memilih tetap berkarier sembari memakai penutup kepala. Menurut Raisa penggunaan pakaian islami dengan hijab, pakaian lengan panjang dan celana panjang tidak menghambat atau membatasi aksinya di lapangan. Meski pakaian Raisa berbeda dibanding pebasket lain, namun dia tetap tampil enerjik dan jadi tulang punggung tim.

3. Dian Pelangi
    Dian Pelangi mempunyai nama asli atau nama lengkap Dian Wahyu Utami merupakan seorang pengusaha Indonesia yang juga merupakan pendiri busana Dian Pelangi Fashion. Meskipun berjilbab Dian Pelangi masih bisa beraktifitas, bahkan namanya sekarang kian melambung sebagai seorang pengusaha.

4. Fatin Shidqia Lubis
    Fatin Shidqia Lubis, atau yang lebih dikenal dengan Fatin Shidqia atau Fatin adalah seorang penyanyi yang meniti karier lewat ajang pencarian bakat X Factor Indonesia dan menjuara ajang tersebut. Meski mengenakan jilbab karier Fatin terus bersinar dengan menghasilkan beberapa album, album Fatin pun tergolong laris manis.

Itulah beberapa wanita berjilbab yang berpestasi, mereka membuktikan bahwa mengenakan pakaian muslima namun tidak menjadikan halangan bagi mereka untuk terus berkarier. Yakinlah jilbab tidak akan menjadi penghalang bagi mu untuk berprestasi, jangan takut tidak mendapat rejeki jika anda berjilbab, bukankah rejeki datangnya dari Allah? sedangkan berjilbab merupakan kewajiban untuk muslimah.

No comments:

Post a Comment

untuk koment silakan bebas yang penting tidak mengandung SARA