Tuesday, December 4, 2012

Obat Demam Untuk Balita

   Ketika kita sudah menikah tentulah sangat bahagia apabila dikarunia seorang anak. Anak menjadi prioritas utama dalam keluarga, bahkan apapun akan dilakukan untuk menjaga dan membesarkan anak. Melihat anak-anak yang sehat dan lucu tentunya menjadikan kebahagian tersendiri, begitu pun ketika anak sakit sebagai orang tua kita akan cemas dan binggung setengah mati. Seperti saat ini mulai musim hujan biasanya cuaca seperti ini biasa disebut pancaroba dengan cuaca yang panas dan tiba-tiba menjadi dingin sangat mudah anak-anak kecil terserang berbagai penyakit seperti demam atau flu.
   
    Apalagi kalo anak kita masih balita tentu kita akan was-was ketika anak kita sakit. nak menjadi rewel, susah tidur ini menjadi kecemasan tersendiri. Belum lagi diusia balita tidak bisa sembarangan obat diberikan. Namun demikian seharusnya kita tidak usah terlalu cewas atau khawatir agar kita tetap dapat berpikir yang positif. Ketika anak kita terkena demam atau flu sebenarnya kita dapat memanfaatkan obat-obatan herbal yang ada disekitar kita. Seperti pengalaman saya ketika mempunyai anak yang pertama gelisahnya minta ampun ketika sikecil terkena flu, anak rewel dan tidak mau makan. Awalnya saya dan istri tidak tau kalo bawang merah yang biasa dipake sebagai bumbu dapur ternyata dapat menjadi obat untuk menurunkan demam dan dan mengurangi flu.

  Cerita begini waktu itu anak saya demam disertai flu sehingga untuk bernafas saja sulit dan sebentar-sebntar menangis, sebagai orang yang baru mempunyai anak satu dan belum berpengalaman tentunya saya sangat binggung menghadapi situasi ini. Beruntunglah saat itu ada ibu saya yang kemudian mengambil bawang merah kemudian diparut dan dipakai sebagai obat. Saya sempat bertanya karena tidak mengerti "buat apa ibu mengambil bawang merah" tersebut, ibu saya mengatakan kalo bawang merah bisa untuk menurunkan panas dan mencegah flu. Berikut resep bawang merah untuk meredahkan demam dan flu :

1. Untuk balita :
     - Bahan :
        - Bawang Merah.
        - Minyak telon
        - Asam jawa (bila ada)
cara membuatnya kupas bawang merah kemudian diparut dan campur dengan asam dan minyak telon. Kemudian campuran itu tempalkan pada ubun-ubun dan untuk mempercepat meredakan demam dapat dibalurkan ketubuhnya.

2. Untuk anak dan dewasa :
     - Bahan :
        - Bawang merah
        - Minyak kayu putih
        - Asam jawa (kalo ada)
Caranya sama dengan resep yang pertama.

3. Untuk masuk angin. Jika kebetulan masuk angin dan tidak ada obat dirumah kita dapat memanfaatkan bawang merah caranya : Kupas bawang merah kemudian iris menjadi dua dan gunakan untu kerikan dijamin masuk angin langsung bablassss ...... Memanfaatkan bawang merah sebagai obat selain praktis, tidak mahal dan tentunya tanpa efek samping. Tentunya selain menggunakan obat-obat tersebut ada baiknya lagi apabila kita berkonsultasi kepada dokter.

Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

untuk koment silakan bebas yang penting tidak mengandung SARA